Rabu, 29 Mei 2013

PENGARUH POLA MAKAN TERHADAP PERKEMBANGAN GIZI ANAK

Studi kasus di : Ds. Gununggedangan kota Mojokerto

Abstrak

            Gizi adalah hal yang terpenting bagi perkembangan si anak. Dengan gizi yang tercukupi anak akan mampu berkembang secara optimal di masa-masa emasnya. Namun di Indinesia tak luput pula dari  masalah gizi buruk ini. Banyak sekali hal yang berakar dari permasalah gizi yang tak berujung.
            Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara pola makan anak terhadap perkembangan gizi anak. Entah itu pola makan anak sejak kecil, atau pola makan Ibu sejak dalam masa kehamilan di Desa Gununggedangan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto Tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola makan dengan masalah balita BGM (Bawah Gaeis Merah) yang ada di Desa Gununggedangan dan menjelaskan seberapa pentingnya peran orangtua dalam menangani masalah tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode wawancara, dokumen, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh balita BGM di Desa Gununggedangan Kecamatan Magersari Kota Mojokerto sejumlah 26 anak, serta diambil menjadi sample sebanyak 18 anak. Hal yang saya lakuakan  dalam penelitian ini adalah 1) Menghitung Berat badan anak dan berat badan Ibu, 2) Mencari Penyebab permaslahan balita BGM menurut para orangtua, 3) meneliti apa saja solusi yang sudah dilakukan orangtua sejauh  ini, dan 4) Pendapat orangtua tentang posyandu.
            Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola makan anak dan pola makan Ibu saat hamil dengan pertumbuhan gizi anak. Pola makan yang dibiasakan oleh orangtua adalah tonggak utama terjadinya permaslahan tersebut, lepas dari permasalah ekonomi penduduk. Karena meskipun terbilang keluarga miskin, bukan menjadi suatu halangan untuk tetap kreatif dalam mendidik anak. Saran yang dapat diajukan adalah, bagi para orangtua hendaknya lebih kreatif dalam masalah mendidik anak, jangan hanya berpangku tangan tanpa usaha yang lebih baik.

Kata Kunci: Pola makan, perkembangan gizi anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar